Minggu, 20 Desember 2015

Cara Menanam Singkong Agar Berbuah Banyak

Singkong menjadi diantara satu tanaman umbi-umbian yg acapkali kita dapati di daerah pertanian. Tanaman singkong menjadi bahan basic pembuat tepung, dan banyak dikonsumsi juga sebagai bahan makanan buat beberpa golongan warga seperti tiwul, singkong rebus, tape singkong, gatot, getuk, serta terdapat banyak lagi. Tanaman singkong kemungkinan tdk miliki harga yg tinggi seperti tanaman pertanian yang lain seperti jagung akan tetapi buat beberapa petani, tanaman singkong masihlah jadi pilihan utk dibudidayakan dikarenakan ongkos perwatan yg cukup murah dibandingkan tanaman yang lain.
Berapa keunggulan tanaman singkong dibandingkan tanaman pertanian lain merupakan sebagaimana berikut :



1. Ketahanan pada penyakit lebih kuat
2. Mampu bertahan hidup pada cuaca panas
3. Periode panen yg relatif lama maka dapat jadikan utk lumbung
4. Nyaris seluruhnya sisi dari singkong mampu dimanfaatkan

Singkong miliki 2 model untuk beberapa umumnya yakni Singkong manis serta singkong pahit. Singkong manis mampu dikonsumsi atau di buat makanan, singkong pahit mesti hati-hati dalam mengolahnya. Andaikan tdk paham langkah memproduksi yg benar, singkong pahit mampu meracuni dikarenakan kandungan sianida pada singkong.

Budidaya singkong mampu dilaksanakan dengan memanfaatkan biji serta stek, akan tetapi kebanyakan yg dilaksanakan warga merupakan memanfaatkan sistem stek batang. Utk menanam singkong dengan cara benar mampu dilaksanakan dengan beberpa langkah selanjutnya.

Siapkan Lahan

Utk membuahkan buah yg banyak serta mempunyai ukuran besar, tanaman singkong mesti miliki area utk akar-akarnya tumbuh. Oleh maka itu dalam buat persiapan area tanam mesti dilaksanakan penggemburan. Penggemburran area tanam singkong mampu memanfaatkan cangkul (kemampuan tanam sedikit) atau memanfaatkan bajak/traktor (utk kemampuan pertanian/industri). Area yg udah digemburkan mampu ditaburi pupuk kandang utk menaikkan unsur hara tanah serta jadi nutrisi buat tanaman utk tumbuh subur. Imbuhkan kapur andaikan tanah asam, dikarenakan singkong dapat tumbuh baik pada derajat keasaman tanah netral (pH : 5-8)



Siapkan Bibit

dalam buat persiapan bibit singkong, mampu dilaksanakan dengan memotong batang singkong jadi berapa potongan dengan ukuran panjang lebih kurang 20cm. Batang singkong mampu dipotong lurus bisa juga dipotong miring.

 Menanam Bibit

Bibit yg udah dipotong mampu segera ditanam ke area pertanian, tanamlah bibit singkong dengan jarak 60 cm x 80cm (60cm jarak bibit dengan bibit yg lain : 80cm jarak antar lajur/kolom). dalam menanam bibit singkong yang wajib jadi perhatian merupakan arah tunas, jangan lantas terbalik. Kita mampu menyaksikan arah tunas di dekat buku-buku atau benjolan sisa daun singkong yg terlepas. Pada posisi tersebit mampu kelihatan anak tunas (kerap dimaksud mata). Yakinkan anak tunas menghadap ke atas, biar tdk tumbuh terbalik.

Perawatan tanaman Singkong

Tanaman singkong mesti dirawat utk mendapatkan ubi yg banyak serta berbobot, langkah laksanakan perawatan tanaman singkong mampu dilaksanakan dengan laksanakan pemupukan pada 3minggu-4minggu pertama atau sehabis singkong udah keluarkan tunas dengan miliki daun lebih kurang 5-7 helai. Jalankan pemupukan dengan memanfaatkan pupuk kimia (Urue, TSP, KCl) dengan ukuran sesuai dengan arahan yg tertulis di karung pupuk.

Tidak hanya laksanakan pemupukan, jalankan juga penyiangan atau bersihkan gulma serta rumput-rumput yg mengganggu. Jalankan penyulaman pada bibit yg tdk tumbuh serta ambruk.



Pemupukan bisa juga dilaksanakan pada bln. ke 5 dari penanaman biar ubi mampu tambah besar kala dipanen. Akan tetapi kebanyakan cuma memanfaatkan urea saja.

Pemanenan Singkong

Tanaman singkong umumnya mampu dipanen pada umur lebih kurang 7-8 bln. dari penanaman. Akan tetapi sejalan dengan pertambahan technologi yg mampu membuahkan varietas baru, ada singkong yg mampu dipanen pada bln. ke 5 dari penanaman. Beberapa ciri tanaman singkong siap dipanen merupakan daun-daun udah mulai sedikit dikarenakan rontok, ubi singkong udah besar (mampu di lihat dengan menggali tanah pada sisi ubi).

Jalankan pemanenan melalui langkah mencabut singkong dengan cara manual, tanah yg gembur tadi tentu dapat benar-benar mendukung kurangi ubi singkong tertinggal kala dicabut. Singkong mampu dipanen dengan cara serentak. Pisahkan ubi dari pohon melalui langkah memotong dengan memanfaatkan parang/golok pada sisi pangkal ubi (jangan lantas terserang ubinya).

Sehabis panen

Kumpulkan seluruhnya batang singkong yg tersisa utk bersihkan area biar mampu ditanami kembali. batang ubi bekas ini mampu jadikan bibit kembali utk penanaman sesudah itu atau mampu dibakar pada area pertanian/kebun itu utk jadi pupuk.

Tersebut berapa langkah laksanakan penanaman singkong yg benar biar membuahkan panen yg banyak, serta laksanakan perawatan pada singkong. Penentuan bibit yg baik dapat benar-benar memiliki pengaruh pada hasil panen.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Tanaman Jahe di Kebun Sendiri

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus